22-Feb-2024

14

43

01

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Audit Eksternal dan Sampling Pangan Jajanan di Sekolah Intervensi B di Kota Ambon
30 September 2021 06:44

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (30/09) - Pengawalan terhadap sekolah intervensi tahun 2020 Program Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah di Kota Ambon dilakukan pada hari Rabu, 29 September 2021. Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan audit eksternal oleh petugas dari Balai POM di Ambon kepada kader keamanan pangan sekolah di 6 sekolah. Ke-enam sekolah ini pada tahun 2020 telah memperoleh Sertifikat Pangan Aman Level 1, di mana sertifikasi ini diberikan berdasarkan self-assessment oleh kader keamanan pangan sekolah terhadap komitmen, kondisi sarana dan prasarana, serta hygiene sanitasi di lingkungan kantinnya. Pada tahap sertifikasi level 2, dilakukan assessment dari pihak eksternal dalam hal ini petugas Balai POM Ambon terhadap audit internal kader keamanan pangan tersebut.

Sebagian besar sekolah intervensi tahun 2020, belum melakukan kegiatan keamanan pangan secara mandiri kepada komunitas sekolah dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19 yang mengharuskan proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Namun, beberapaka kader keamanan pangan sekolah optimis dan berkomitmen akan segera melakukan inovasi-inovasi mandiri terkait keamanan pangan segera setelah pembelajaran tatap muka diijinkan.

Meskipun dalam kondisi yang seperti ini, di beberapa sekolah diperoleh gambaran kondisi kantin yang masih terpelihara dengan baik, masih tetap terjaga kebersihannya, meski ada beberapa kantin sekolah yang sedang dalam tahap renovasi. Sesuai dengan KAK sampling tahun ini yang memperluas cakupan sampling, yang tidak hanya di dalam lingkungan sekolah, namun juga di lingkungan luar sekolah bahkan di lingkungan tempat tinggal murid, maka dilakukan sampling di lingkungan sekitar sekolah dan tempat tinggal siswa. Berdasarkan hasil uji cepat, didapatkan hasil semua sampel memenuhi syarat yakni tidak mengandung bahan berbahaya untuk parameter: boraks, formalin, rhodamin-B dan metanil yellow.

Kepala BPOM Ambon, Hermanto SSi Apt MPPM, tidak lupa mengingatkan kembali kepada kader keamanan pangan sekolah untuk terus berkomitmen dalam menjamin keamanan pangan di lingkungan sekolahnya dan juga tetap membekali komunitas sekolah dengan edukasi keamanan pangan (SKY).

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM Ambon



Share This

Comments