21-May-2024

11

13

19

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Balai POM Ambon dan Bea Cukai Kanwil Ambon Berkomitmen Memajukan Hasil Produksi Lokal Spesifik Maluku ke Kancah Ekspor
14 March 2021 21:53

Berita Umum    Post By : System Administrator


Ambon (05/08) - Bertempat di Ruang Kepala Balai POM di Ambon, hari Rabu tanggal 4 Agustus 2021, berlangsung koordinasi antara Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, Saut Mulia, PhD dengan Kepala Balai POM Ambon, Hermanto, S.Si, Apt, MPPM. Kedatangan Ka Kantor Bea Cukai ini dalam rangka silaturahmi Bersama Kepala Balai POM Ambon yang baru sekaligus membicarakan beberapa hal penting terkait kerja sama dalam pengawasan obat dan makanan di Provinsi Maluku.

Seperti diketahui, Maluku memiliki beberapa hasil tanaman lokal spesifik yang sudah terkenal sampai ke mancanegara, seperti minyak Kayu Putih dan Pala. Kedua tanaman ini sudah sejak dahulu kala menjadi primadona dari Maluku. Balai POM Ambon dan Bea Cukai Ambon pun melihat ini sebagai peluang untuk semakin memajukan perekonomian di Maluku.

Untuk itulah, dalam koordinasi kemarin, Pak Saut menyampaikan niat untuk bersinergi bersama  Balai POM Ambon bersama-sama memajukan perekonomian Maluku dalam hal ekspor produk lokal spesifik. Dalam kesempatan ini, Pak Saut meminta pula informasi UMKM yang sedang berproses dan telah memperoleh ijin edar dari BPOM. Rencananya pihak Bea Cukai akan langsung mengunjungi lokasi sarana UMKM agar melihat lebih dekat.

Balai POM Ambon sendiri seperti diketahui telah mampu melakukan pengujian produk aflatoksin pada Pala dan laboratorium pengujian Aflatoksinnya pun telah mengantongi sertifikat akreditasi dari KAN dan Uni Eropa. Hal ini akan semakin mendukung komitmen kerja sama dua pihak ini. Semoga ini adalah awal yang baik demi kemajuan perekonomian Maluku. Terutama di masa sulit Pandemi Covid-19 ini, ada secercah harapan bagi UMKM di Maluku.  Kita doakan Bersama, Amin (SKY)

Kontributor: Unit Pelayanan Publik BPOM Ambon



Share This

Comments