21-May-2024

10

07

17

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Bimbingan Teknis CPPOB dalam rangka Pendampingan UMKM Pangan Olahan
08 June 2023 10:15

Berita Umum    Post By : System Administrator

 

Ambon (01/06) - Pada hari selasa dan rabu, tgl 30 – 31 Mei 2023, bertempat di Kamari Hotel, Jl. Kakialy No 25 & 27, Kadewatan, Sirimau, Ambon, Maluku, Balai POM di Ambon menyelenggarakan Bimbingan Teknis Cara produksi Pangan Olahan Yang Baik (CPPOB) dalam rangka implementasi salah satu inovasi Praktek Baik yang dilaksanakan oleh Balai POM Ambon yaitu Inovasi “Pentas Sagu” atau Pendampingan Penerbitan Izin Edar Pangan Sekaligus Sertifikasi CPPOB. Pentas Sagu merupakan praktek baik yang telah dijalankan oleh Balai POM di Ambon selama beberapa tahun terkahir yakni proses pendampingan pelaku usaha pangan olahan pada proses sertifikasi IP CPPOB dan izin edar MD. Pelaksanaan Bimtek CPPOB ini juga merupakan salah satu tahapan pendampingan UMKM pangan olahan pada tahun 2023 untuk memperoleh Izin Penerapan CPPOB.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai POM di Ambon Hermanto, S.Si., Apt., MPPM  yang dalam sambutannya mengajak pelaku usaha pangan olahan di Provinsi Maluku agar dapat memberikan jaminan yang maksimal terhadap keamanan dan mutu pangan yang diproduksi melalui penerapan CPPOB secara konsisten dan berharap pelaku usaha mendukung BPOM di Ambon dalam meraih Predikat WBK dengan menjaga prinsip gratifikasi dan benturan kepentingan.  Turut serta dalam kegiatan ini adalah stake holder yang berasal dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Maluku serta BPJPH Kantor Wilayah Agama Provinsi Maluku yang bertindak sebagai fasilitator dan narasumber.

Sistem pelaksanaan Bimtek CPPOB secara hybrid untuk mengakomodir pelaku usaha yang berdomisili di luar Pulau Ambon. Peserta luring sebanyak 30 peserta, dan daring 9 peserta. Dalam pelaksanaannya peserta menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat oleh karena secara detil membahas aspek-aspek penerapan CPPOB disertai dengan contoh-contoh penerapannya, serta informasi-informasi penting dan update yang mereka peroleh.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan pencerahan, serta update informasi bagi pelaku usaha pangan olahan, selain motivasi untuk memberikan jaminan maksimal atas keamanan dan mutu pangan melalui penerapan CPPOB, dan bagi BPOM di Ambon agar dapat terus memberikan pelayanan publik terbaik (MS)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini. Follow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

 

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments