21-May-2024

11

48

22

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan di SBB
12 April 2023 10:50

Berita Umum    Post By : System Administrator

Salah satu elemen penting dalam kemandirian sekolah adalah komunitas sekolah (kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, pedagang PJAS) yang berpartisipasi aktif dalam mewujudkan program keamanan pangan di sekolah termasuk mensosialisasikan secara aktif pesan keamanan pangan. Komunitas sekolah dapat menjadi penggerak dalam implementasi keamanan pangan di sekolah. Mereka dapat dicetak sebagai Kader Keamanan Pangan Sekolah, sehingga mendorong kemandirian sekolah untuk melakukan pengawasan keamanan pangan dan penyebaran pesan keamanan pangan pada komunitas sekolah.

Pada hari Rabu, 29 Maret 2023 dilaksanakan Bimtek Kader Keamanan Pangan Sekolah di Kabupaten Seram Bagian Barat. Bertempat di Kairatu Beach, sebanyak 42 orang Kader Keamanan Pangan Sekolah mengikuti kegiatan ini. Kader ini merupakan perwakilan dari 14 sekolah di Kabupaten Seram Bagian Barat dengan berbagai tingkat pendidikan, yakni SD,SMP, dan SMA. Kader Keamanan Pangan Sekolah ini berasal dari Kepala Sekolah, Guru, dan Pedagang Kantin sekolah.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Barat, Johan Tahya,S.Pd,M.Eng. Dalam sambutannya, Pak Johan menyampaikan apresiasi kepada BPOM Ambon yang sudah menginisiasi program ini dan memilih Kabupaten SBB sebagai lokus intervensi. Menurut beliau, Keamanan Pangan merupakan kunci utama terwujudnya kesehatan di lingkungan sekolah, dan hal ini bukan hanya tanggung jawab kepala sekolah, tapi merupakan tanggung jawab semua komunitas sekolah. Untuk itu, Pak Johan mengharapkan agar semua Kader Keamanan Pangan Sekolah dari 14 sekolah ini, benar- benar serius dan bertanggung jawab mengikuti rangkaian program ini dari awal hingga akhir dan bias memperoleh Sertifikat Sekolah dengan PJAS Aman.

Pada kesempatan ini, dilakukan pula penandatanganan Komitmen Bersama oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten SBB, Kepala Balai POM Ambon, dan Kepala Sekolah dari 14 sekolah intervensi. Hal ini menjadi bukti komitmen bersama untuk bersama-sama mewujudkan Keamanan Pangan di Sekolah masing-masing serta bersedia mengikuti semua tahapan dari program ini.

Pada Kegiatan bimtek ini, dilakukan evaluasi sebelum dan sesudah pemberian materi kepada peserta. Adapun materi yang diberikan yakni Kebijakan Program PJAS, Kunci Keamanan Pangan dalam mengolah dan memilih pangan, Peran Kader Keamanan Pangan Sekolah, serta dilakukan pula pemberian kuisioner pengetahuan dan sikap perilaku Kader Keamanan Pangan Sekolah Pre Intervensi.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para Kader Keamanan Pangan Sekolah dibekali dengan materi dan pengetahuan terkait Keamanan Pangan Sekolah, dan kemudian akan melakukan pemberdayaan komunitas sekolah di sekolah masing-masing. Langkah awal yang akan dilakukan yakni Kepala Sekolah akan membentuk Tim Keamanan Pangan Sekolah yang kemudian menjadi agen – agen Keamanan Pangan di sekolah. ( SY )

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini Follow akun medsos Ig/tiktok/Twitter @bpom.ambon, Fb/Youtube Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi (0911) 342-742 / 0811-4800-222. Katong siap layanan Basudara deng MANISE

 



Share This

Comments