22-Feb-2024

14

11

00

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

BPOM Ambon Edukasi Masyarakat Desa Kulur Tentang Keamanan Pangan
15 December 2023 08:26

Berita Umum    Post By : System Administrator

Kulur (13/12/23) – Sebagai tindakan penanganan pencegahan dan penurunan angka Stunting di Provinsi Maluku, BPOM Ambon terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait Keamanan Pangan dan Stunting. Kali ini yang menjadi target edukasi yakni masyarakat di Desa Kulur, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah. Seperti diketahui, Desa Kulur merupakan salah satu lokus stunting di Provinsi Maluku yang menadapat perhatian dari pemerintah daerah dan tentu saja BPOM Ambon.

Bertempat di Aula SD Inpres Kulur, kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi ( KIE ) yang bertema Keamanan Pangan, dilaksanakan dengan mengundang sejumlah pelaku usaha di bidang pangan segar, pangan olahan, produk pertanian, produk perikanan, dan juga peternakan. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Camat Kecamatan Saparua, Winny Prajati Salamor.  Pada KIE ini diberikan beberapa materi terkait keamanan pangan, hygiene sanitasi, serta materi terkait stunting yang disampaikan oleh Anita Soenarko selaku PFM Ahly Madya BPOM Ambon. Peserta juga diberi materi terkait Pentingnya Keamanan Pangan Segar Bebas dari Pestisida yang dibawakan oleh Rina Mahakena yang merupakan penyuluh pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Maluku Tengah. Pada kesempatan kali ini, pelaku usaha pangan olahan diberi edukasi terkait regulasi dan prosedur pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga ( SPPIRT) oleh Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Rymond Sopamena.

Mengingat Desa Kulur memiliki potensi hasil alam yang dapat diolah menjadi produk pangan olahan kemasan, maka diberikan pendampingan agar para pelaku usaha memiliki semangat untuk berinovasi dan meningkatkan daya jual produknya. BPOM Ambon dan Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku tengah berkomitmen untu sama-sama mendampingi para pelaku usaha agar produknya mendapatkan ijin edar sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Kulur. Dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat terkait keamanan pangan dan meningkatnya kesejahteraan, diharapkan akan secara langsung menurunkan angka stunting di Desa Kulur. (SY )

 

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments