21-May-2024

11

07

05

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

BPOM Ambon Menjadi Narasumber Bimtek Petugas Pengelola Fasilitas Kefarmasian di Kota Tual
22 September 2021 08:49

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (22/09) - Dalam rangka meningkatkan kompetensi Petugas Pengelola Sarana Pelayanan Kefarmasian di Apotek, Puskesmas dan Toko Obat,  Dinas Kesehatan Kota Tual melaksanakan kegiatan “Bimbingan Teknis kepada Petugas Pengelola Fasilitas Kefarmasian”, Sabtu (18/09) bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tual. Kegiatan ini digelar dengan menggunakan sumber anggaran DAK Non Fisik Kesehatan Pengawasan Obat dan Makanan Tahun 2021.

Kegiatan dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual, drg, Maxie M.B Tinggogoy dan diikuti oleh 35 orang peserta terdiri dari Apoteker Pengelola Apotek, Pemilik Sarana Apotek, Tenaga Teknis Kefarmasian Pukesmas di Kota Tual.

BPOM di Ambon diundang sebagai narasumber pada kegiatan ini. Materi yang diberikan seputar keamanan dan mutu vaksin, pengelolaan vaksin Covid-19 di fasilitas pelayanan kefarmasian dalam rangka vaksinasi Covid-19 dan ancaman Anti Microbial Resistance (AMR). PFM Ahli Madya BPOM di Ambon, Bidan T. Damanik, S.Si, Apt, MPH dalam paparannya mengharapkan melalui kegiatan ini petugas pengelola fasilitas kefarmasian dapat mengelola obat dan vaksin tetap bermutu dan aman sampai pada masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan juga mengingatkan untuk penanganan limbah vaksin pasca vaksinasi Covid-19 perlu diperhatikan penanganan sesuai SOP.

Kepala BPOM Ambon, Hermanto SSi Apt MPPM dalam kesempatan terpisah mengharapkan agar petugas pengelola fasilitas kefarmasian bisa menjadi perpanjangan tangan BPOM dalam mengedukasi masyarakat terkait penggunaan antibiotik yang tepat.

Selain itu, ada narasumber lain dari Dinas PMPTSP Kota Tual yang menjelaskan tentang sistem perizinan melalui Online Single Submission (OSS). Pada akhir kegiatan, petugas pengelola fasilitas kefarmasian diingatkan kembali penggunaan BPOM Mobile serta mengajak seluruh peserta untuk selalu  CEK KLIK, Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluarsa (HLN).

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM Ambon



Share This

Comments