21-May-2024

11

38

30

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

BPOM Ambon Sosialisasikan Keamanan Pangan Bagi Pelajar SMP di Kota Tual
22 September 2021 08:59

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (22/09) - Anak usia sekolah mempunyai kebiasaan jajan yang tinggi, apalagi untuk anak-anak yang tidak terbiasa membawa bekal makan dari rumah, pasti akan menggunakan uang sakunya untuk membeli jajan di lingkungan sekolah. Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) merupakan pangan siap saji yang ditemui dan dijual di lingkungan sekolah serta secara rutin dibeli dan dikonsumsi oleh sebagian besar anak sekolah. Anak-anak membutuhkan asupan pangan yang bergizi dan aman untuk tumbuh kembangnya dan mendukung kegiatan belajarnya di sekolah.

BPOM di Ambon hadir menjadi narasumber kegiatan Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Keamanan Pangan dan Obat yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tual, Jumat (17/09) bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tual. Kegiatan yang dihadiri narasumber dari BNN Kota Tual ini diikuti oleh 70 pelajar SMP di Kota Tual yang diwakili oleh anggota OSIS dan Pramuka.

Bidan T. Damanik, S.Si, Apt, MPH, Fungsional PFM Ahli Madya dan Hellena Arvinda R, S.Si dari Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi BPOM di Ambon menyampaikan materi terkait lima kunci keamanan pangan di sekolah dan kenali obat aman serta waspadai obat illegal maupun obat palsu.

Kepala BPOM Ambon, Hermanto SSi Apt MPPM dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa peserta KIE ini diedukasi tentang keamanan pangan agar menjadi cerdas dan mampu mengenali dan membeli pangan yang aman. Anak-anak juga diajarkan untuk selalu Cek KLIK (Cek kemasan,Label, Izin edar dan Kedaluarsa) sebelum membeli atau mengkonsumsi pangan jajanan.

Para pelajar ini juga diharapkan menjadi generasi cerdas tolak penyalahgunaan obat. Oleh karenanya, BNN Kota Tual juga sosialisasikan bahaya narkoba bagi kesehatan dan dampak buruknya bagi mental pelajar serta berpesan untuk tidak mencoba narkoba dan jauhi lingkungan atau teman yang menggunakan narkoba (HLN).

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM Ambon

 



Share This

Comments