21-May-2024

11

10

11

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

BPOM Ambon terus melakukan pendampingan Pelaku Usaha UMKM di Maluku Tengah
03 July 2023 06:53

Berita Umum    Post By : System Administrator

Dalam rangka peningkatan kapasitas dan kelayakan produksi pangan bagi pelaku usaha kuliner di kabupaten  Maluku Tengah, maka Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku Tengah melaksanakan kegiatan yang berjudul Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner. BPOM Ambon menjadi salah satu instansi yang diundang untuk memberikan edukasi dan pendampingan kepada pelaku usaha di kegiatan ini.

Bertempat di Resto SMK 5 Ambon pada hari Sabtu, 24 Juni 2023, sejumlah kurang lebih 50 orang pelaku usaha pangan siap saji dan pangan olahan kemasan hadir sebagai peserta kegiatan ini. Para peserta dibekali dengan materi Keamanan Pangan, Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik, Higiene dan Sanitasi, serta SPPIRT yang dibawakan oleh Siska Yanti,S.Si,Apt selaku PFM Ahli Muda BPOM Ambon.

Para peserta merupakan pelaku usaha pangan siap saji dan pangan olahan kemasan yang menjual produknya di lingkungan wisata Desa Hila, Desa Mamala, dan Desa Morela. Daerah ini merupakan potensi wisata Maluku Tengah yang ramai dikunjungi wisatawan sehingga penting untuk mengembangkan produk mereka baik dari segi inovasi pengemasan, produksi, maupun legalitas.

 Selain sesi pemaparan materi, dilaksanakan juga sesi diskusi di mana diisi oleh berbagai pertanyaan dari peserta terkait keamanan pangan dan cara mengurus ijin edar produk. Karena sebagain besar produk yang diproduksi oleh peserta merupakan pangan industry rumah tangga, maka diberikan edukasi terkait alur dan persyaratan pengurusan SPPIRT ( Sertifikat Pemenuhan Komitmen Produksi Pangan Industri Rumah Tangga ).Pada kegiatan ini dilakukan pula pendampingan dan penerbitan ijin edar SPPIRT bagi pelaku usaha yang sudah memenuhi persyaratan dan kelengkapan dokumen.

BPOM Ambon terus melakukan pendampingan pelaku usaha UMKM di Provinsi Maluku sebagai perwujudan misi BPOM RI yakni Memfasilitasi percepatan pengembangan dunia usaha Obat dan Makanan dengan keberpihakan terhadap UMKM dalam rangka membangun struktur ekonomi yang produktif dan berdaya saing untuk kemandirian bangsa. ( SY )

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments