21-May-2024

11

46

23

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

BPOM di Ambon Awasi Jajanan Takjil Buka Puasa di Kabupaten Seram Bagian Barat
13 April 2023 08:32

Berita Umum    Post By : System Administrator

BPOM di Ambon giat melakukan pengawasan takjil selama bulan Ramadhan 1444 H, setelah Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah, kini Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menjadi titik selanjutnya dalam kegiatan intensifikasi pengawasan takjil yang dilakukan oleh BPOM di Ambon. Pengawasan takjil dilaksanakan sebagai bentuk perlindungan terhadap masyarakat dalam mengonsumsi pangan berbuka puasa/takjil sepanjang Ramadan sehingga masyarakat tidak ragu untuk mengkonsumsi atau berbuka dengan pangan takjil.

Selasa (28/03/2023) BPOM di Ambon melakukan sampling takjil di Kawasan Masjid Raya Gemba, Desa Waimital, Kab. SBB didampingi oleh Kader Keamanan Pangan Desa Waimital. 23 item takjil yang terdiri dari aneka kue, gorengan, bakso tusuk dan aneka es ini telah berhasil disampling yang selanjutnya dilakukan pengujian langsung di tempat menggunakan rapid test kit.

Berdasar hasil uji cepat, semua sampel memenuhi syarat bebas bahan berbahaya seperti formalin, boraks, methanyl yellow dan rhodamin B. Meskipun demikian masyarakat tetap dihimbau menjadi konsumen yang cerdas dengan tetap memeprhatikan keamanan pangan serta senantiasa melakukan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluarsa) sebelum membeli/mengkonsumsi pangan.

Di kawasan tersebut masih ditemukan beberapa lapak penjual yang menyajikan takjil di wadah terbuka tanpa penutup, oleh karenanya Petugas memberikan edukasi untuk menjaga kebersihan terutama dalam hal penyajian takjil yang mana takjil harus disajikan dalam wadah tertutup dan menggunakan penjepit/sarung tangan plastik saat mengambil makanan. Sebagai sarana edukasi masyarakat, BPOM di Ambon juga memasang spanduk bertama tips memilih takjil yang aman .BPOM Ambon menghimbau masyarakat agar hendaknya membeli pangan takjil yang aman, bertutup, tidak berwarna mencolok dan hanya dari penjual yg memperhatikan kebersihan (HLN).

 

Layanan Informasi dan Pengaduan (Gratis), Hubungi:

Unit Pelayanan Publik BPOM di Ambon Telepon (0911) 342-742) ; Whatsaap 0811-4800-222 ; website bpomambon.com / ambon.pom.go.id ; Instagram : bpom_ambon ; Facebook : Balai POM di Ambon ; dan Youtube BPOM AMBON.

 



Share This

Comments