21-May-2024

10

51

19

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

BPOM di Ambon Gandeng Pramuka Saka POM Awasi Takjil di Kota Ambon
27 April 2023 08:58

Berita Umum    Post By : System Administrator

BPOM di Ambon kembali menggelar intensifikasi pengawasan takjil di Kawasan Masjid Al-Fath Waihaong Kota Ambon pada Senin (17/04/23). Kegiatan ini sekaligus menindaklanjuti hasil pengawasan takjil pada bulan puasa 1444 H yang digelar pada minggu pertama bulan Ramadhan lalu.Dalam kegiatan ini turut serta 2 (dua) orang anggota Pramuka dari Kwarcab Kota Ambon dan Gugus Depan STAIN Ambon yang merupakan juga anggota Saka POM.

Pengawasan ini menjadi salah satu bentuk kegiatan Saka POM yang mana Saka POM sendiri memilih tiga jenis Krida yang salah satunya merupakan Krida Pengujian Sederhana Obat dan Makanan. BPOM di Ambon bersama dengan Pramuka lakukan sampling pada 10 item sampel takjil di Kawasan Waihaong kemudian dilakukan pengujian menggunakan rapid test kit oleh anggota Saka POM didampingi oleh Petugas BPOM di Ambon bertempat di pelataran parkir Masjid Al-Fatah Ambon. Pengujian ini bertujuan untuk untuk memastikan takjil mengandung bahan berbahaya seperti formalin, rhodamin B, methanyl yellow dan boraks atau tidak. Berdasarkan hasil pengujian seluruh sampel tidak ditemukan bahan berbahaya yang dimaksudkan.

BPOM di Ambon juga melakukan tindak lanjut pengawasan yakni memberikan edukasi kepada para pedagang untuk memperhatikan hygiene sanitasi dengan menjaga kebersihan mulai dari bahan baku hingga penyajian pangan kepada konsumen, seperti misalnya penggunaan air es, pastikan bahan air es dari air yang sudah matang, bukan air mentah dan untuk penyajiannya menggunakan wadah tertutup dan penjepit makanan.

Kepala BPOM di Ambon, Hermanto menyampaikan bahwa BPOM selalu berkomitmen untuk senantiasa mengawal keamanan pangan dan melindungi kesehatan masyarakat agar terhindari pangan mengandung bahan berbahaya dan/atau tidak memenuhi syarat. (HLN)


Layanan Informasi dan Pengaduan (Gratis), Hubungi:

Unit Pelayanan Publik BPOM di Ambon Telepon (0911) 342-742) ; WA 0811-4800-222 ; website bpomambon.com / ambon.pom.go.id ; Instagram/Twitter/TikTok : bpom.ambon ; Facebook : Balai POM di Ambon ; dan Youtube Balai POM di Ambon.

 

 



Share This

Comments