02-Dec-2023

16

18

51

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

BPOM di Ambon Gelar pembekalan Bagi Finalis Duta Kosmetik Aman Maluku
06 June 2022 11:59

Berita Umum    Post By : System Administrator

Sukseskan program Badan POM goes to School/Campus melalui Pembentukan Duta Kosmetik Aman dan Duta Jamu Aman, BPOM di Ambon gelar perdana Pemilihan Duta Kosmetik Aman Maluku Tahun 2022. Duta Kosmetik Aman dipilih karena masih maraknya peredaran kosmetik illegal baik secara online maupun offline, ditunjukkan dengan data operasi patroli siber BPOM di Ambon bahwa lebih dari 80 persen produk illegal yang dipasarkan secara massif adalah kosmetik. Oleh karenanya perlu dilakukan Langkah persuasi guna meningkatkan pemberdayaan masyarakat akan pentingnya memilih dan menggunakan produk yang aman dan bermutu.

Pengumuman Pemilihan Duta Kosmetik Aman Maluku digaungkan sejak awal bulan Mei 2022, setelah melewati seleksi administrasi maka terpilihlah 36 Finalis Duta Kosmetik Aman yang merupakan Pelajar SMA/Sederajat dan Mahasiswa PTN/PTS yang akan mengikuti pembekalan yang diadakan oleh BPOM di Ambon.

Dilaksanakan pada Senin (30/05/2022), 36 Finalis Duta Kosmetik Aman hadir dengan penuh antusias memadati Ballroom Santika Hotel Premiere Ambon. Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si, Apt, MPPM dalam sambutannya menyampaikan Duta Kosmetik Aman nantinya akan membantu fungsi Badan POM sebagai spokesperson dalam memerangi peredaran kosmetik illegal/yanpa izin edar dengan memberikan edukasi akan pentingnya memilih dan menggunakan kosmetik aman kepada masyarakat, minimal komunitas sekitarnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Beatrix Orno Soumeru, M.Si  yang merupakan Istri Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno. Beliau berpesan kepada para finalis agar tidak mudah tergiur iklan kosmetik yang menyesatkan seperti dapat memutihkan kulit dalam waktu sekejab yang rata-rata merupakan produk illegal dan mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

Para Finalis diberikan materi mengenai profil Badan POM, Cerdas memilih dan menggunakan kosmetik aman, monitoring efek samping kosmetik dan aplikasi BPOM Mobile yang disampaikan oleh Fasilitator dari BPOM di Ambon. Sesi paparan dan diskusi berlangsung aktif, hal ini menunjukkan betapa siapnya para finalis menjadi bagian dari Badan POM untuk mengedukasi masyarakat Maluku. Materi ini nantinya akan menjadi bahan bagi para Finalis untuk ujuk kemampuan speech contest pada final Pemilihan Duta Kosmetik Aman Maluku 2022 untuk memperebutkan kursi tiga terbaik yang nantinya akan mewakili Maluku ke ajang nasional (HLN).

 

 

 

 

Jalan-jalan ke Pasar Mardika, Jangan lupa membeli peniti

Wahai basudara semua

Sebelum beli kosmetik harus teliti, Ingat Cek KLIK sebelum membeli

 

Layanan Informasi dan Pengaduan (Gratis), Hubungi:

Unit Pelayanan Publik BPOM di Ambon Telepon (0911) 342-742) ; Whatsaap 0811-4800-222 ; website bpomambon.com / ambon.pom.go.id ; Instagram : bpom_ambon ; Facebook : Balai POM di Ambon ; dan Youtube BPOM AMBON.



Share This

Comments