21-May-2024

10

29

19

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Dukung Penyusunan Perjanjian Kerjasama dan Export Consultation Desk, Biro Kerjasama Humas BPOM Selenggarakan Asistensi di Ambon
23 May 2023 12:44

Berita Umum    Post By : System Administrator

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM Ambon (IT)

 

(19/05) - Dalam rangka pendampingan dan sosialisasi terkait penyusunan perjanjian kerjasama (PKS), export consultation desk (ECD) dan perjalanan dinas luar negeri, Biro Kerjasama dan Humas Badan POM RI selenggarakan asistensi di BPOM Ambon, bertempat di Ruang Pattimura BPOM Ambon, Jumat (19/05/23).

Acara yang dibuka oleh Kepala BPOM Ambon ini, Hermanto SSi Apt MPPM, diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari Kasubag Tata Usaha, Ketua Tim, kelompok Informasi dan Komunikasi serta kelompok pemeriksaan dan sertifikasi. Sebagai narasumber adalah Arif Ludyansyah Daulay SSos, Aditya Teguh Saputro SIP serta Restu Widodo SKom.

Dalam paparan materi pertama terkait penyusunan PKS, Arif menjelaskan prosedur, alur dan tata cara pengajuan PKS sesuai dengan Peraturan BPM Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Tata Naskah Dinas dan Keputusan Kepala BPOM Nomor 90 Tahun 2022 Tentang Pedoman Kerjasama Dalam Negeri Badan POM. Dalam materi ini dijelaskan bahwa pengajuan usulan draft PKS tidaklah cukup, tetapi juga harus disertai dengan kajian dan rencana aksi. Adanya kajian yang memuat latar belakang, manfaat dan potensi dari kerjasama serta adanya rencana aksi yang meliputi program dan rencana kerja memudahkan PKS ini untuk dilakukan monitoring dan evaluasi.

Pada materi kedua terkait perjalanan dinas luar negeri disampaikan oleh Aditya. Beliau menjelaskan prosedur dan tata cara pengajuan perjalanan dinas luar negeri BPOM yang meliputi kunjungan kerja, delegasi pertemuan internasional, tugas belajar luar negeri, inspeksi, pelatihan dan workshop. Proses pengajuan ini dilakukan secara online melalui aplikasi Simpel (Sistem Informasi Perjalanan Dinas Luar Negeri) dan Aepsilon (Aplikasi exit permit, paspor dan rekomendasi visa online)

Pada paparan terakhir terkait export consultation desk dijelaskan oleh Restu. Pada layanan ECD, dilakukan pendampingan terhadap 5 negara di Amerika, 20 negara di Eropa, 12 negara di Timteng, 23 negara di Asi Pasifik dan 20 negara di Afrika. Pendampingan ini terkait fasilitasi perdagangan dan ekspor pelaku usaha di Indonesia ke negara tujuan, pendampingan regulasi aturan yang berlaku di negara tujuan ekspor, pembahasan hambatan dagang, serta perijinan masuk barang. Dalam layanan ECD ini juga diberikan nomor kontak penting di negara tujuan untuk dapat membantu fasilitasi terkait dengan kendala pada negara tujuan.

Pada akhir kegiatan, dilakukan diskusi dan Tanya jawab dengan peserta. Kepala BPOM menyampaikan harapan agar sosialisasi ini dapat ditindaklanjuti dengan penyusunan kerja sama dengan lintas sektor sesuai dengan tata cara dan prosedur. Selain itu diharapkan ECD dapat dimanfaatkan untuk pendampingan pelaku usaha dan UMKM untuk ekspor produk dari Maluku ke luar negeri. Demikian juga diharapkan para pegawai BPOM Ambon dapat terus meningkatkan kompetensi dengan mengikuti tugas belajar di luar negeri sesuai dengan prosedur ketentuan yang berlaku (IT)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini. Follow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

 

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE

 

 



Share This

Comments