21-May-2024

10

23

45

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Dukung Produk UMKM Lokal, BPOM di Ambon Gelar Pesta Kenari di Saparua
04 August 2022 08:21

Berita Umum    Post By : System Administrator

Sebagai bentuk komitmen mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), BPOM di Ambon memberikan respon positif terhadap undangan dari Sinode GPM Maluku untuk hadir menjadi narasumber bagi UMKM binaan Gereja Protestan Maluku (GPM) di Ihamahu, Saparua, Kabupaten Maluku Tengah pada tanggal 20-21 Juli 2022. Hal ini membuktikan bahwa BPOM di Ambon tidak hanya memperhatikan sektor usaha yang menjadi mengawasan Badan POM tetapi juga peduli terhadap UMKM daerah agar mampu berdaya saing tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga hingga ke nasional bahkan mancanegara. Acara yang dibuka oleh Wakil Ketua MPH Sinode GPM Provinsi Maluku, Pdt. Lenny Bakarbessy juga dihadiri oleh Kepala Biro Kemitraan Sinode GPM, Pdt. Beatrix Skilia Orno, M.Si yang juga merupakan istri dari Wakil Gubernur Maluku, Drs. Barnabas Orno.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini membahas proses perizinan berusaha dan izin edar produk Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) yang dilakukan secara online terpadu satu pintu melalui OSS-RBA hingga pengurusan izin edar pangan BPOM MD. Selain BPOM di Ambon turut hadir juga dari SKPD lain seperti Dinas PMPTSP, Dinas Perindag Provinsi Maluku, Klasis GPM Pulau Pulau Lease dan beberapa instansi lain yang terkait dengan pengurusan izin edar pangan dan sertifikasi halal.

Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si, Apt, MPPM memberikan bekal ilmu kepada peserta yang merupakan pemilik UMKM Pangan dengan memaparkan materi terkait legalisasi, pengemasan dan labelisasi produk pangan unggulan. Selain Kepala BPOM di Ambon, hadir pula Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt dan Tim kerja Inovasi Pesta Kenari BPOM di Ambon.

Inovasi Pesta Kenari atau Pendampingan Penerbitan Sertifikat PIRT di Seluruh Maluku dalam Sehari ini hadir untuk membantu pelaku UMKM Pangan dalam memperoleh izin edar produknya tanpa dipungut biaya apapun alias gratis. Program inovasi Pesta Kenari yang dilakukan di Ihamahu telah berhasil menerbitkan 5 Nomor Induk Berusaha (NIB) dan 17 nomor izin edar PIRT yang diartikan produk yang didaftarkan mengikuti program inovasi Pesta Kenari, 100% terbit izin edarnya dalam waktu sehari. Kepala BPOM di Ambon berharap dengan terbitnya nomor PIRT ini dapat meningkatkan daya saing produk lokal di Kecamatan Saparua (HLN).

 

Layanan Informasi dan Pengaduan (Gratis), Hubungi:

Unit Pelayanan Publik BPOM di Ambon Telepon (0911) 342-742) ; Whatsaap 0811-4800-222 ; website bpomambon.com / ambon.pom.go.id ; Instagram : bpom_ambon ; Facebook : Balai POM di Ambon ; dan Youtube BPOM AMBON.



Share This

Comments