22-Feb-2024

13

27

58

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Dukung Usaha Mikro Obat Tradisional di Buru Selatan, BPOM Gandeng Persatuan Ahli Farmasi Indonesia dan Dinas Kesehatan
13 December 2023 09:02

Berita Umum    Post By : System Administrator

Namrole (13/12) - Dinas Kesehatan Kabupaten Buru Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Cara Produksi Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) bagi Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK), bertempat di Balai Pertemuan Erdogan Buru Selatan, Selasa, 12 Desember 2023

Bimtek ini diselenggarakan dalam rangka Implementasi Dana Alokasi Khusus Non Fisik (DAK NF) Pengawas Obat dan Makanan (POM) Sub Menu Pengawasan Usaha Mikro Obat tradisional (UMOT). Bimtek ini bertujuan untuk pemenuhan pemenuhan terhadap standar dan persyaratan UMOT.

Kegiatan ini dibuka oleh Wa Jeny selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Buru Selatan. Bimtek ini juga dihadiri oleh narasumber BPOM di Ambon, peserta Dinas Kesehatan Buru Selatan, Ketua dan anggota Pengurus Cabang  PAFI, Dinas DMPTSP, Dinas Koperasi dan STIKES Maluku Husada.

Seabgai narasumber bimtek ini adalah Mathias Sandy Tokan Ola, yang memberikan materi terkait “Peran TTK sebagai penanggung jawab teknis UMOT”. Bimtek ini juga sekaligus sebagai pembimbing implementasi CPOTB bertahap serta pendampingan dalam proses sertifikasi dan registrasi UMOT.

Selain itu juga dilaksanakan pembahasan draft Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Dinas Kesehatan, PAFI, dan BPOM dalam rangka memfasilitasi penyediaan TTK sebagai penanggung jawab UMOT. Pada akhir pertemuan, disepakati bersama bahwa PKS sebagai salah satu output dalam implementasi DAK NF POM sub menu pengawasan UMOT.

Kepala BPOM Ambon, Tamran Ismail, dalam kesempatan terpisah menyampaikan harapan PKS dapat dijadikan sebagai salah satu fasilitasi bagi UMOT di Buru Selatan dalam meningkatkan daya saing produknya dengan memiliki TTK yang kompeten sebagai penanggung jawab (MS)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini. Follow akun Medsos IG / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE (Mudah Aktif Netral Ikhlas Santun Ekselen)

 



Share This

Comments