21-May-2024

11

18

22

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Gandeng Duta Kosmetik Aman Maluku, BPOM di Ambon KIE di SMA Negeri 6 Ambon
02 August 2022 13:15

Berita Umum    Post By : System Administrator

Saat ini berbagai macam produk obat tradisional dan kosmetik beredar di pasaran, kemudahan akses digital membuat masyarakat masif untuk membeli produk tersebut. Namun masyarakat harus lebih berhati-hati dalam memilih produk karena masih banyak yang tidak mengerti bagaimana memilih produk yang aman tanpa bahan kimia berbahaya. Tips cerdas memilih obat tradisional dan kosmetik aman perlu dilakukan kepada kaum milenial yang menginjak usia remaja dimana pada usia tersebut keinginan untuk mencoba hal baru begitu besar.

Mengangkat tema cerdas memilih obat tradisional dan kosmetik aman bagi milenial, BPOM di Ambon lakukan Komunikasi Informasi Edukasi menggandeng 3 Duta Kosmetik Aman Maluku, Chrisnalia G. Potoruw, Jason F. Manuhutu dan Mishel Latumeten di SMA Negeri 6 Ambon. Kepala SMA Negeri 6 Ambon, Dr.L.L.L. Nahumury, M.Pd menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh BPOM di Ambon dengan aktif memberdayakan Duta Kosmetik Aman untuk menyebarkan informasi ke berbagai komunitas sekolah.

Sebanyak 76 siswa diberikan materi terkait bagaimana memilih obat tradisional dan kosmetik yang aman dengan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluarsa), bahan berbahaya yang dilarang pada obat tradisional dan kosmetik serta bahayanya untuk kesehatan. Peserta KIE juga diajak mempraktekkan secara langsung penggunaan aplikasi BPOM Mobile untuk scan produk sehingga dapat mengetahui apakah produk tersebut betul terdaftar BPOM atau tidak. Dengan adanya aplikasi BPOM Mobile ini diharapkan dapat melakukan pengecekan legalitas produk secara mandiri.

Duta Kosmetik Aman menghimbau kepada peserta KIE untuk tidak mudah tergiur iklan yang menyesatkan, jangan mencoba produk yang tidak jelas label dan peruntukannya serta dihimbau untuk membeli produk di tempat resmi atau jika ingin membeli secara online pastikan membeli di toko resmi yang memiliki rating baik (HLN).

 

Layanan Informasi dan Pengaduan (Gratis), Hubungi:

Unit Pelayanan Publik BPOM di Ambon Telepon (0911) 342-742) ; Whatsaap 0811-4800-222 ; website bpomambon.com / ambon.pom.go.id ; Instagram : bpom_ambon ; Facebook : Balai POM di Ambon ; dan Youtube BPOM AMBON.

 



Share This

Comments