02-Dec-2023

15

12

50

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Intensifikasi Pangan Takjil Kota Tual
09 May 2022 13:32

Berita Umum    Post By : System Administrator

Seminggu menjelang hari raya Idul Fitri, pusat jajanan takjil di Kota Tual masih terpantau ramai. Pada hari Selasa tanggal 26 April 2022, petugas Balai POM Ambon melakukan intensifikasi pangan takjil di  beberapa lokasi di kota Tual.

Sebagian besar takjil yang dijual berupa kue-kue, batagor dan beberapa minuman warna merah. Terhadap pangan takjil yang memiliki warna khas, dilakukan sampling dan pengujian bahan berbahaya kimia yang biasa ditambahkan pada pangan dengan menggunakan Rapid Tes Kit.

Pengawasan Takjil di kota Tual disampling sebanyak 16 item sampel , terdiri dari  kue yang warna merah  8 item , es pisang hijau 1 item, kue warna kuning 4 item dan cilok 3 item.  Untuk pangan dan minuman  takjil yang berwarna merah dilakukan pengujian parameter Rhodamin B, yang berwarna kuning dilakukan pengujian Methanyl Yellow dan  pangan cilok diuji formalin dan boraks. Dari hasil pengujian menggunakan Rapid Tes Kit, diperoleh hasil bahwa 16 item sampel tersebut tidak mengandung bahan berbahaya kimia.

Selain melakukan sampling dan pengujian, dilakukan pula edukasi kepada penjual terkait bagaimana menjaga higiene sanitasi dalam mengolah dan menyajikan serta menyerahkan pangan kepada pembeli. Semoga setiap tahun, kesadaran para masyrakat  akan keamanan pangan di Kota Tual semakin meningkat. (AS)



Share This

Comments