21-May-2024

10

04

12

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Kembali Bina UMKM, BPOM Ambon Berkolaborasi Dengan Dinas PMPTSP Provinsi Maluku
27 August 2021 12:02

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (27/08) – Menindaklanjuti rapat BPOM Ambon, MUI, Angkasa Pura dan UMKM yang difasilitasi oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi (PMPTSP) Maluku yang diselenggarakan pada Kamis (12/08) yang lalu, maka  diselenggarakan Bimtek bagi UMKM pada Kamis (26/08) bertempat di Ruang Rapat Dinas Ketahanan Pangan Maluku. Bimtek ini dihadiri oleh 20 UMKM terpilih dari 50 UMKM binaan Dinas PMPTSP Maluku.

Sebagai narasumber bimtek pada kali ini adalah Kepala BPOM Ambon, Ketua TGPP Maluku, Kepala BPJPH Kanwil Kemenag Maluku dan Kepala Bidang Farmasi Dinas Kesehatan Ambon. Bimtek ini dibuka oleh Ir Syuryadi Sabirin MSi selaku Kepala Dinas PMPTSP Maluku. Presentasi pertama oleh Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku, Ir Hadi Basalamah. Hadi menjelaskan bahwa UMKM memegang peranan penting dalam meningkatkan perekonomian Maluku dengan menyerap tenaga kerja serta meningkatkan daya beli masyarakat.. 

Hermanto SSi Apt MPPM selaku Kepala BPOM Ambon menjelaskan prosedur registrasi pangan MD di BPOM secara elektronik dan terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS). Dr Yusda Tuharea selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Ambon menyambung materi dengan tata cara pendaftaran pangan PIRT. Tidak ketinggalan materi Sertifikasi Halal disampaikan oleh M Rusydi Latuconsina SAg Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Maluku sebagai perwakilan BPJPH.

Kepala BPOM Ambon mendukung penuh UMKM dan ke depan akan melaksanakan Bimtek PKP (Penyuluhan Keamanan Pangan) secara daring bagi UMKM dengan mengundang narasumber Dinkes Kota Ambon dan BPJPH Maluku agar 9 materi PKP dapat disampaikan semua kepada UMKM dan dilaksanakan post test sebagai persyaratan memperoleh Sertifikat SP sebagai syarat dalam pendaftaran pangan PIRT. Hal ini juga penting dalam penerapan CPPOB dalam pendaftaran pangan MD di BPOM. Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi BPOM Ambon layanan online 24 jam WA 08114800222 (IT).

BPOM Ambon, Katong Pasti Bisa!

Kontributor: Unit Pelayanan Publik BPOM Ambon



Share This

Comments