21-May-2024

10

13

28

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Kembangkan Ekonomi Kreatif Sektor Kuliner di Banda, Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Gandeng BPOM di Ambon
03 November 2021 06:47

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (02/11) - Mengembangkan pangan lokal berbasis UMKM merupakan langkah penting agar pangan lokal memiliki daya saing yang kuat. Selain memiliki wisata alam yang indah untuk dinikmati para wisatawan, Banda Neira memiliki berbagai kuliner lokal yang bisa dijadikan buah tangan para pelancong destinasi wisata, seperti manisan dan sirup pala.

 

Selasa (19/10), Dinas Pariwisata Provinsi Maluku mengadakan kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan UMKM Pangan di Kecamatan Banda, Kab, Maluku Tengah dan BPOM di Ambon turut diundang sebagai Narasumber pada acara tersebut. Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Maluku sekaligus memberikan arahan pengembangan ekonomi kreatif dalam mendukung pariwisata. Sebanyak 30 peserta hadir dalam kegiatan ini terdiri dari 25 orang pelaku usaha IRTP dan 5 orang perwakilan dari pemerintah daerah Kec. Banda.

 

Pada kesempatan ini, Siska Yanti, S.Si, Apt, Petugas Poksi Informasi dan Komunikasi BPOM di Ambon memaparkan materi yang mengambil tema “Membangun Usaha Kreatif Produk Kuliner Siap Edar”. Peserta yang hadir dibekali dengan pengetahuan terkait pentingnya menerapkan keamanan pangan mulai dari penyiapan bahan baku hingga pengemasan produk untuk siap dikonsumsi. BPOM di Ambon juga memiliki tiga desa binaan pangan aman yang diintervensi sejak tahun 2014 di Banda, yakni Desa Nusantara, Merdeka dan Boiyouw.

 

Selain BPOM di Ambon, ada dua Narasumber lain yang turut serta dalam kegiatan ini yakni MUI Provinsi Maluku yang menyampaikan materi pengembangan produk kuliner berbasis sertifikasi halal dan Kemenkumham Maluku yang memaparkan ekonomi kreatif sektor kuliner yang terjamin dalam Hak Atas Kekayaan Intelektual atau HAKI (HLN).

 

Kontributor: Unit Pelayanan Publik BPOM Ambon



Share This

Comments