02-Dec-2023

14

59

12

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

KIE Kosmetika Aman BPOM Ambon bersama Kampus ITB Stikom Ambon
16 March 2022 08:50

Berita Umum    Post By : System Administrator

Senin (14/03/22) Ditengah maraknya iklan yang muncul di media sosial mengenai kosmetik selama masa pandemi, membuat masyarakat berbondong bondong untuk menggunakan kosmetik agar tampak glowing sesuai dengan slogan anak muda masa kini. Kosmetik merupakan bahan atau sediaan yang digunakan pada bagian luar tubuh manusia untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik dan tidak untuk ditelan. Kosmetik menjadi kebutuhan penting saat ini tidak hanya kaum wanita, sekarang sudah mulai bergeser ke kaum pria bahkan kaum Milenial saat ini.

BPOM di Ambon melakukan Seminar Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kosmetik dengan topik Cerdas Menggunakan Kosmetik Aman untuk Generasi Milenial, yang dilaksanakan di aula Kampus ITB STIKOM Ambon, Senin (14/03). Seminar ini dihadiri oleh Mahasiswa ITB Stikom Ambon secara luring dan daring. Acara KIE dibuka oleh Koordinator Pusat Pelatihan Bursa Karir ITB Stikom Ambon, Ibu Nabila Payapo, S.Pd, M.Kom

Imam Taufik, S.Farm., M.Farm., Apt selaku Koordinator Kelompok Substansi  Infokom BPOM di Ambon menyampaikan materi terkait Cara memilih kosmetik yang aman dan ciri kosmetik yang aman. Tidak hanya itu Mahasiswa juga diajarkan untu mengenali kosmetik yang baik dan kandungan yang berhaya dalam kosmetik beserta efek yang dapat ditimbulkan. Dalam seminar ini juga Mahasiswa dikenalkan dengan aplikasi BPOM Mobile sebagai salah satu cara untuk mengetahui apakah kosmetik yang mereka akan gunakan sudah terdaftar dan memiliki nomor Notifikasi di Badan POM. Bapak Imam Taufik, S.Farm., M.Farm., Apt. juga selalu mengingatkan Mahasiswa untuk selalu Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluarsa) sebelum membeli kosmetik yang akan digunakan.

Antusias mahasiswa terlihat pada saat sesi tanya jawab, pertanyaan pertanyaan yang mereka sampaikan memang merupakan keluhan yang tengah beredar di masyarakat luas mengenai pemilihan kostemik yang aman. Tak hanya itu juga pada seminar kali ini terdapat pre-test dan post-test untuk melihat sejauh mana mahasiswa memahami terhadap materi yang diberikan.

Diharapkan dari seminar ini mahasiswa sebagai kaum Milenial dapat dengan cermat dan cerdas dalam memilih kosmetik yang aman untuk mereka gunakan, serta dapat menjadi perpanjangan tangan BPOM dalam hal penyampaian informasi mengenai cara pemilihan kosmetik yang aman untuk masyarakat disekitarnya.

Acara ini ditutup dengan pembagian hadiah kepada Mahasiswa yang memiliki nilai tertinggi pada saat pre-test dan post-test, serta foto bersama dengan staf KIE BPOM di Ambon beserta Mahasiswa ITB STIKOM Ambon.



Share This

Comments