29-Mar-2023

16

40

50

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Kolaborasi Duta Kosmetik Aman dan Duta Jamu Aman Sosialisasikan Kosmetik Aman dan Jamu Nusantara di SMK Negeri 6 Ambon
04 November 2022 08:07

Berita Umum    Post By : System Administrator

Sasar kalangan anak muda milenial, BPOM di Ambon laksanakan KIE dengan tema “Cerdas Memilih Kosmetik Aman dan Mengenal Jamu Nusantara sebagai Budaya Sehat Gen Z” bagi 134 Pelajar di SMK Negeri 6 Ambon.

Kepala SMK N 6 Ambon, Edo Luturmas, S.Th mendukung pemberdayaan duta melalui kegiatan KIE yang dilakukan oleh BPOM di Ambon. SMK N 6 Ambon sendiri memiliki perwakilan Duta Kosmetik Aman yang dibentuk oleh BPOM di Ambon namun berhalangan hadir karena sedang aktif kegiatan PKL. Oleh karena itu, BPOM di Ambon gandeng Duta Kosmetik Aman Maluku, Daniella Diva Luhukay, Gilliant Harahap dan Jenifer Lessy serta Duta Jamu Aman Maluku, Wissney Inggrita Soetanto.

Anita Soenarko, perwakilan BPOM di Ambon menyampaikan saat membuka acara bahwa adanya perubahan pola promosi/iklan produk yang berlebihan/menyesatkan untuk menarik minat pembeli dan kemudahan transaksi jual beli barang secara online, maka perlu meningkatkan pemahaman dan awareness kaum anak muda milenial ini dalam memilih dan menggunakan kosmetik yang aman.

KIE Cerdas memilih kosmetik aman disampaikan secara panel oleh 3 Duta Kosmetik Aman. Gilliant Harahap yang menyampaikan kosmetik secara umum dan menunjukkan contoh-contoh produk kosmetik illegal dengan sebaran tertinggi dan beberapa produk tersebut masih marak diperjualbelikan. Jenifer Lessy yang akrab disapa Jeje membagikan tips jitu cara terhindari dari produk kosmetik illegal dan atau mengandung bahan berbahaya dengan selalu menerapkan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluarsa) sebelum membeli. Selanjutnya, Daniella Diva mengajak peserta KIE merasakan manfaat aplikasi BPOM Mobile dengan mendownload dan praktek bersama cara penggunaan dan manfaat dari fitur-fitur yang ada.

Kaum milenial SMK Negeri 6 Ambon juga diajak oleh Wissney, Duta Jamu Aman untuk mengenal jamu sebagai alternatif budaya sehat jaman now. Apalagi di era pandemi dengan golombang Covid-19 yang naik turun serta cuaca yang tidak menentu, perlu adanya upaya untuk menjaga imunitas tubuh dengan konsep back to nature. Ia menjelaskan beragam jamu nusantara yang bisa dikonsumsi dengan berbagai macam khasiat, salah satunya membantu menjaga kesehatan tubuh. Untuk mewaspadai peredaran obat tradisional yang mengandung Bahan Kimia Obat (BKO), maka para pelajar juga diberikan pemahaman tentang ciri dan bahaya obat tradisional yang mengandung BKO.

Kepala BPOM di Ambon, Hermanto mengharapkan dengan adanya kolaborasi aktif antara BPOM di Ambon dan Duta Kosmetik Aman dan Duta Jamu Aman Maluku dapat memberikan dampak positif bagi kaum muda milenial di Provinsi Maluku (HLN).

 

Layanan Informasi dan Pengaduan (Gratis),

Hubungi Unit Pelayanan Publik BPOM di Ambon

Telp (0911) 342-742; WA 0811-4800-222; Website: bpomambon.com / ambon.pom.go.id; Instagram/twitter/tiktok: @bpom.ambon ; Facebook/Youtube: Balai POM di Ambon



Share This

Comments