21-May-2024

11

15

07

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Komunitas Keamanan Pangan Desa Kairatu ikuti Bimbingan Teknis Keamanan Pangan Desa
18 July 2023 14:52

Berita Umum    Post By : System Administrator

 

Kairatu – Setelah melewati tahap Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan Desa beberapa waktu yang lalu, para Kader Keamanan Pangan Desa Kairatu selanjutnya melakukan transfer ilmu kepada komunitas. Hal ini dilaksanakan pada tahapan Bimbingan Teknis Komunitas Keamanan Pangan Desa Kairatu pada hari Kamis ( 13/07/2023) di Kairatu Beach. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 orang komunitas yang berasal dari berbagai unsur masyarakat di Desa Kairatu.

 

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Desa Kairatu, Esauders Ruspanah, berjalan dengan sangat hangat. Meskipun saat kegiatan cuaca di Desa Kairatu diterpa hujan deras, namun tidak menuyurutkan semangat para kader keamanan pangan untuk melakukan bimbingan kepada komunitas keamanan pangan. Adapun komunitas ini berasal dari unsur rumah tangga, sekolah, pedagang pangan siap saji, pedagang ritel, dan juga keluarga. Sistem pembelajaran yang digunakan dalam bimtek kali ini yakni belajar secara berkelompok – kelompok, di mana 1 kader membimbing kurang lebih 5 – 6 orang komunitas.

 

Materi yang diberikan pada bimtek kali ini sama dengan materi yang disampaikan pada bimtek kader keamanan pangan yang lalu. Para komunitas dibekali pengetahuan keamanan pangan sesuai unsurnya. Selain tentang kunci keamanan pangan, para kader juga memberikan materi terkait BPOM Mobile dan CEK KLIK. Sebelum dan setelah kegiatan ini dilakukan pula evaluasi pengetahuan, sikap dan perilaku komunitas melalui Pre dan Post test.

 

Selain kader keamanan pangan desa, dengan terbentuknya komunitas keamanan pangan desa diharapkan menjadi awal pembaharuan sikap dan perilaku keamanan pangan di desa yang diintervensi. Setelah mengikuti tahap bimbingan teknis, para kader dan komunitas akan kembali ke lingkungan tempat tinggal dan usahanya untuk mempraktekkan ilmu keamanan pangan yang telah diperoleh sehingga semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya keamanan pangan. ( SY )

 

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments