21-May-2024

10

27

04

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

KOORDINASI DAN PENJAJAKAN KERJASAMA BPOM AMBON DAN BMKG MALUKU
31 January 2023 07:48

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (19/01) – Sebanyak 9 kabupaten kota di Provinsi Maluku merupakan catchment area pengawasan BPOM Ambon serta 2 kabupaten di Tanimbar dan Maluku Barat Daya menjadi area pengawasan Loka POM Tanimbar merupakan provinsi kepulauan yang memiliki tantangan dalam pelaksananan pengawasan obat dan makanan.

Untuk mensiasati perubahan cuaca, iklim dan gelombang laut yang kerap berubah dengan cepat di provinsi yang 92% nya merupakan wilayah laut, maka BPOM Ambon melakukan penjajakan untuk bersinergi dengan BMKG Maluku dalam penyampaian informasi data klimatologi dan geofisika untuk mengantisipasi hal tersebut.

Kepala BPOM Ambon, Hermanto SSi Apt MPPM melakukan kunjungan kerja dan koordinasi ke Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Ambon BMKG Maluku, Djati Cipto Kuncoro SSi, bertempat di Kantor Stasiun Geofisika Karang Panjang Ambon, Selasa (19/01). Pada koordinasi ini dilakukan komunikasi untuk penjajakan kerjasama terkait penyampaian informasi data klimatologi dan geofisika di Maluku.

 Sebagaimana diketahui, pengawasan di wilayah kerja BPOM Ambon yang terdiri dari kepulauan di Provinsi Maluku, sering kali terkendala akibat cuaca dan gelombang. Tidak jarang petugas BPOM yang sedang melaksanakan tugas di kabupaten kepulauan tidak bisa pulang ke Ambon disebabkan karena larangan berlayar bagi kapal karena gelombang yang tinggi.

Pengawasan di sarana obat dan makanan di kepulauan termasuk didalamnya penyampaian edukasi kepada masyarakat dan pendampingan pemberian izin edar bagi UMKM di kepulauan menjadi terkendala akibat cuaca yang cepat berubah. Untuk mengantisipasi inilah perlunya kerjasama dan bantuan dari BMKG Maluku untuk kelancaran pengawasan BPOM sehingga dapat diantisipasi lebih awal bila ada perubahan jadwal moda transportasi akibat perubahan cuaca dan gelombang laut.

Diharapkan koordinasi ini dapat dilanjutkan hingga jenjang penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) antara BPOM Ambon dan BMKG Maluku. Keamanan Pangan Tanggung Jawab Kita Bersama (IT).

 

“BPOM Ambon, Katong Pasti Bisa”

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM Ambon



Share This

Comments