02-Dec-2023

16

20

14

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Kunjungan Kerja Dinas Koperasi UMKM Indag Kab Sula Maluku Utara ke BPOM Ambon
12 January 2022 08:36

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (01/12) – BPOM Ambon menerima kunjungan kerja Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara ke BPOM Ambon pada Senin (10/01). Tim dari Kabupaten Sula yang diketuai langsung oleh Ibu Djena Tidore, SE selaku Kepala Dinas diterima langsung oleh Bapak Hermanto S.Si Apt MPPM Selaku Kepala BPOM Ambon beserta Struktural dan Koordinator Kelompok, di Aula BPOM Ambon.

 

Kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan Dinas Koperasi UMKM Kab Sula dalam pendampingan UMKM pangan terkait perizinan dan pengujian produk pangan. Kabupaten Kepulauan Sula secara geografis lebih dekat ke Provinsi Maluku. Demikian juga dengan transportasi baik udara maupun laut yang lebih lancar ke Ambon. Untuk itu Dinas Koperasi Kab Sula berinisiatif untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan BPOM Ambon. Demikian disampaikan oleh Ibu Djena Tidore.

 

Kepala BPOM Ambon, Hermanto SSi Apt MPPM menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan ini. Walaupun jauh dari Provinsi Maluku Utara tapi telah menyempatkan diri untuk berkunjung ke Provinsi Maluku. BPOM Ambon dengan kapasitas pengujian pangan, mikrobiologi dan biomolekuler yang telah terakreditasi ISO 17025:2017, siap membantu pengujian sampel pangan dari Kab Kepulauan Sula. Prosedur permintaan uji dapat melalui elektronik melalui website BPOM Ambon www.bpomambon.com, pembayaran bill PNBP biaya uji melalui internet banking, pengiriman sampel dapat dipermudah dengan pengiriman paket tanpa harus datang langsung, serta pegiriman sertifikat hasil uji dikirim secara elektronik. Semua ini memudahkan dan sebagai salah satu bentuk inovasi pengujian BPOM Ambon.

 

Sementara untuk proses perizinan produk pangan, baik PIRT dari Dinas Kesehatan maupun MD dari BPOM, dikarenakan Kab Sula merupakan area Provinsi Maluku Utara, maka proses inspeksi sarana dan perizinan tetapi dari Provinsi Maluku Utara. Hal ini dapat dikordinasikan lebih lanjut dengan BPOM Sofifi dan Dinas Kesehatan Kab Kepulauan Sula Maluku Utara. Kepala BPOM Ambon berharap dapat turut mendukung daya saing UMKM di Kab Kepulauan Sula yang terkenal dengan coklat, kacang mete, rempah dan hasil olahan laut (IT).

 

“Bersinergi dan Berkolaborasi Demi Kemajuan Bersama”

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM Ambon



Share This

Comments