21-May-2024

11

20

15

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Kunjungan Kerja Komisi IX DPR RI ke Maluku
23 February 2022 07:17

Berita Umum    Post By : System Administrator

Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si, Apt, MPPM dan didampingi oleh Korpoksi Pemeriksaan, M.S Tokan Ola, S.Farm, Apt menghadiri kegiatan pertemuan dalam rangka kunjungan kerja Komisi IX DPR RI pada reses masa persidangan III tahun sidang 2021-2022, Senin (21/02/22). Selain itu juga hadir pendamping dari Badan POM, Dr. Ir. Antonius Tarigan, M.Si, Kepala Pusat Riset dan Kajian Obat dan Makanan (PRKOM). Pertemuan yang bertempat di kantor Gubernur Maluku ini membahas Perkembangan Pelaksanaan program pelaksanaan vaksinasi dan Penangganan Covid-19 secara umum serta pemulihan ekonomi nasional. Acara dibuka oleh Wakil Gubernur Maluku, Drs, Barnabas Orno.

Pertemuan ini juga dihadiri diantaranya oleh Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Maluku, Kepala Dinas Kesehatan provinsi Maluku, Direktur RSUD Dr Haulussy, Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan dan Kepala Perwakilan BKKBN.

Dalam kesempatan itu anggota Komisi IX DPRI RI menanyakan kepada BPOM di Ambon mengenai kegiatan pengawasan obat dan vaksin serta kontribusi yang dilakukan mempercepat penanganan dan memutus mata rantai Covid-19 di Maluku. Hermanto menyampaikan terkait efektivitas pengawasan vaksin Covid-19 di wilayah maluku serta hambatan yang dihadapi, disampaikan juga kerjasama yang telah dilakukan bersama dengan pemerintah daerah Maluku dalam rangka pengawasan vaksin dan obat. Terkait upaya percepatan penanganan Covid-19, Hermanto sampaikan juga peran BPOM di Ambon sebagai laboratorium pengujian sampel spesimen Covid-19 secara RT PCR yang berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku. Untuk saat ini BPOM di Ambon hanya mampu mendeteksi sampel tersebut positif atau negatif Covid-19 dan belum bisa mendeteksi sampai tingkat varian virusnya. Dalam rangka meningkatkan kinerja pengujian sampel spesimen Covid-19, laboratorium biomolekuer BPOM di Ambon kini sudah dilengkapi dengan AHU (Air Handling Unit) (HLN).

Jika masyarakat memerlukan informasi tentang Obat dan Makanan dapat menghubungi petugas pelayanan publik di nomor 0811-4800-222 dan juga dapat  mengikuti media sosial BPOM di Ambon melalui Instagram (bpom_ambon), Facebook (Balai POM di Ambon) dan Youtube (BPOM AMBON).

 

 



Share This

Comments