21-May-2024

10

41

20

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Pasar Langgur Raih Juara 1 Lomba Pasar Aman Berbasis Komunitas dari BPOM RI
23 October 2023 10:26

Berita Umum    Post By : System Administrator

Jakarta – Wakil Bupati Maluku Tenggara, Petrus Beruatwarin didampingi oleh Kepala Dinas Peindustrian dan Perdagangan Kabupaten Maluku Tenggara tersenyum sumringah naik ke podium menerima penghargaan sebagai Juara 1 Lomba Pasar Aman Berbasis Komunitas Tahun 2023. Bertempat di Aula Gedung Merah Putih BPOM RI, penghargaan ini diserahkan langsung oleh Deputi III Bidang Pengawasan Pangan, Rita Endang.

Pasar Aman Berbasis Komunitas merupakan salah satu dari Program Prioritas Nasional BPOM RI. Badan POM turut berperan serta dalam mewujudkan pasar tradisional yang nyaman, khususnya terkait keamanan pangan produk pangan yang dijual di pasar, melalui Program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas. Cikal bakal program ini adalah program Pasar Aman bebas dari Bahan Berbahaya yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 kemudian pada tahun 2020 direvitalisasi menjadi Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK). Definisi PPABK adalah pasar yang didalamnya terdapat komitmen dan dukungan penuh dari pemangku kepentingan dan pemberdayaan komunitas pasar dari sisi supply (pengelola pasar, pedagang pasar, asosiasi pasar, pemasok) dan dari sisi  demand (pengunjung pasar).

Pasar Langgur merupakan pasar intervensi dari BPOM Ambon tahun 2021 di mana pada intervensi tersebut dilakukan bimbingan dan pembentukan kader pasar yang dibekali dengan pengetahuan tentang keamanan pangan di pasar. Dilakukan juga pendampingan dalam pengaturan denah pasar agar tidak terjadi kontaminasi silang, praktek hygiene sanitasi yang baik sehingga kenyamanan para pembeli semakin meningkat. Setelah intervensi pun, pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tenggara beserta komunitas pasar tetap berkomitmen dan melakukan kegiatan mandiri dalam mewujudkan pasar yang aman dan bebas bahan berbahaya. Hal inilah yang menjadi poin plus bagi Pasar Langgur sehingga menjadi juara 1 dalam Lomba Pasar Aman Berbasis Komunitas Tahun 2023.

BPOM Ambon setiap tahun terus melakukan intervensi dan pendampingan di pasar yang berbeda di setiap Kabupaten / Kota Provinsi Maluku. Berharap dengan prestasi yang diraih oleh Pasar Langgur, semakin menjadi trigger untuk pasar lain di Maluku agar berbenah dan mencontoh bahkan bisa lebih baik dari Pasar Langgur dalam berkomitmen mewujudkan Pasar yang Aman dari Bahan Berbahaya, hygiene sanitasi memadai,serta nyaman bagi pembeli. ( SY)

 

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE

 



Share This

Comments