21-May-2024

10

49

58

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Pelatihan Internal Penggunaan HPLC dengan Detektor Elektrokimia
02 March 2023 09:46

Berita Umum    Post By : System Administrator

Sejak 2022, Badan POM menerapkan sistem manajemen baru yaitu regionaliasi laboratorium sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas pengujian dalam mendukung pengawasan obat dan makanan. Regionalisasi laboratorium merupakan pengelompokan laboratorium berdasarkan spesialisasi pengujian. Dalam sistem regionalisasi dan spesialisasi laboratorium, seluruh Balai Besar/Balai POM akan terbagi menjadi 7 (tujuh) region dan dikategorikan menjadi 3 (tiga) tipe berdasarkan fungsinya, Balai Koordinator, Balai Spesifik dan Balai Anggota. BPOM di Ambon sebagai salah satu UPT Badan POM yang memiliki fungsi sebagai Balai Spesifik yang termasuk dalam region Manado.

Menindaklanjuti regionalisasi pengujian obat, BPOM di Ambon menggelar pelatihan internal “Penggunaan HPLC dengan Detektor Elektrokimia” pada tanggal 28 Februari - 01 Maret 2023 dengan narasumber dari PT. Kromtekindo Utama yang diikuti oleh seluruh personal uji laboratorium kimia dengan spesialisasi pengujian obat. HPLC atau High Performance Liquid Chromatography, dikenal juga dengan istilah KCKT (Kromatografi Cair Kinerja Tinggi) yang digunakan untuk menentukan berbagai senyawa kimia dengan metode pemisahan.

Kepala BPOM di Ambon, Hermanto berharap pelatihan ini dapat memberikan pocitive impact untuk kapasitas penguji dan kemampuan internal laboratorium pengujian obat, sehingga dapat meningkatkan pelayanan pengujian dalam memberikan jaminan keamanan dan mutu obat yang beredar di masyarakat (HLN).

 

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini Follow akun medsos Ig/tiktok/Twitter @bpom.ambon, Fb/Youtube Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi (0911) 342-742 / 0811-4800-222. Katong siap layanan Basudara deng MANISE



Share This

Comments