21-May-2024

11

49

11

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Pengawalan Post Intervensi Desa Pangan Aman di Jazirah Hatawano Saparua
24 October 2022 06:47

Berita Umum    Post By : System Administrator

Terus bergerak melaksanakan pengawalan post intervensi Desa Pangan Aman, BPOM di Ambon laksanakan pengawalan hingga ke Jazirah Hatawano yang terletak di bagian utara Pulau Saparua, Kec. Maluku Tengah pada Kamis (13/10/2022). Desa Pangan Aman yang dilakukan pengawalan adalah Negeri Ihamahu dan Negeri Tuhaha yang telah diintervensi oleh BPOM di Ambon pada tahun 2014 silam. Kegiatan ini bertujuan untuk mengawal keberlanjutan program Keamanan Pangan Desa yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing desa dengan meninjau dokumen administrasi pendukung serta meninjau langsung penerapan keamanan pangan oleh komunitas desa. Selain itu dilaksanakan juga audit dalam rangka lomba Desa Pangan Aman tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022 sebagai bentuk apresiasi BPOM atas pelaksanaan program Gerakan Keamanan Pangan Desa.

Pengawalan di Negeri Ihamahu, Petugas BPOM di Ambon, Anita Soenarko, S.Si, Apt dan Hellena Arvinda R, S.Si bertemu langsung oleh Raja negeri Ihamahu, R. Pattiha bertempat di Kantor Balai Desa. Berdasarkan data dukung yang telah ditunjukkan, Negeri Ihamahu secara mandiri telah berhasil melaksanakan program keamanan pangan desa karena telah membentuk SK Tim Keamanan Pangan Desa (KPD) Tahun 2022 dan aktif melakukan kegiatan keamanan pangan secara mandiri yang tertuang dalam dokumen rencana aksi serta terdapat anggaran dialokasikan khusus dalam APBDes.

Berbeda dengan Negeri Tuhaha, saat menyambangi Raja Negeri Tuhaha, Yance Sasabone di Kantor Balai Desa, Ia menyampaikan bahwa Negeri Tuhaha belum aktif secara mandiri melakukan pengawasan keamanan pangan desa karena belum dibentuk SK Tim KPD. Oleh karenanya Petugas BPOM di Ambon memberikan masukan untuk segera dibuatkan SK TKPD Tahun 2022 yang dengan anggotanya kader yang masih aktif dan untuk kegiatan keamanan pangan bisa diintegrasikan dengan program lain seperti stunting dan posyandu.

Negeri Tuhaha sebagai penghasil gula aren terbesar di Pulau Saparua, Petugas juga memberikan saran untuk dapat melakukan pengurusan izin SPP-IRT dan membuat desain kemasan yang lebih menarik untuk meningkatkan daya saing produk.

Petugas BPOM di Ambon juga melakukan observasi ke beberapa komunitas desa seperti komunitas Ibu Rumah Tangga, ritel dan IRTP di Negeri Ihamahu didampingi oleh Kader Desa Ihamahu Ny. R. Pattiha dan E. Thenu. Negeri Tuhaha, Petugas meninjau juga IRTP penghasil gula aren didampingi oleh Kader Desa Ihamahu, Demianus Pollatu dan Diana Siahaya.

BPOM di Ambon mengapresiasi keberhasilan pelaksanaan program keamanan pangan desa yang sudah dilaksanakan secara mandiri oleh Negeri Ihamahu dan untuk Negeri Tuhaha diharapkan dapat segera melaksanakan program keamanan pangan secara mandiri (HLN)

 

Layanan Informasi dan Pengaduan (Gratis), Hubungi:

Unit Pelayanan Publik BPOM di Ambon Telepon (0911) 342-742 ; WhatsApp 0811-4800-222 ; website bpomambon.com / ambon.pom.go.id ; Instagram : bpom.ambon ; Facebook : Balai POM di Ambon ; dan Youtube Balai POM di Ambon.



Share This

Comments