21-May-2024

10

53

17

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

PENGUATAN DAN PERLUASAN PROGRAM PEMBERDAYAAN JAMU GENDONG
06 March 2023 06:33

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon – Jamu gendong merupakan obat tradisional peninggalan leluhur yang terbuat dari bahan-bahan herbal, merupakan hasil produksi rumahan yang dijajakan dengan cara digendong dengan bakul yang berisi botol-botol racikan jamu. Saat ini jamu gendong dapat dijumpai dimana saja, termasuk di daerah Maluku.

Melalui kegiatan “Membangun Kejayaan Baru Jalur Rempah Indonesia” pada Jumat (10/02/2023) Badan POM bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Maluku melakukan kerja sama dengan Komunitas Empu dan melakukan pendampingan kepada 50 (lima puluh) pelaku usaha jamu gendong.

            Kegiatan ini mencakup Focus Group Discussion dengan tema “ Penguatan dan Perluasan Program Pemberdayaan Jamu Gendong”. Pada kesempatan ini Dra. Asih Liza Restanti Apt., M.Kes sebagai Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik  didampingi oleh Leya Cattleya dari Komunitas Empu dan Baihajar Tauleka, memaparkan meteri mengenai Higiene, Sanitasi dan Dokumentasi Usaha Jamu Gendong, Mengenali Izin Edar Obat Tradisional, Cara Memilih dan Mengolah Bahan Baku Jamu juga berbagi Pengalaman Pendampingan Jamu Gendong dan Pelestariannya.

Dilakukan juga stikerisasi jamu gendong yang menandakan pelaku usaha jamu gendong sudah mendapat pendampingan dari Badan POM. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan semakin banyak usaha jamu gendong yang terstikerisasi sehingga dapat meningkatkan daya saing dan nilai ekonomi jamu.

 

Layanan Informasi dan Pengaduan (Gratis),

Hubungi Unit Pelayanan Publik BPOM di Ambon

Telp (0911) 342-742; WA 0811-4800-222; Website: bpomambon.com / ambon.pom.go.id; Instagram/twitter/tiktok: @bpom.ambon ; Facebook/Youtube: Balai POM di Ambon



Share This

Comments