21-May-2024

11

54

03

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Penyuluhan Pedagang Pasar Kairatu, BPOM di Ambon Edukasi Aspek Penerapan Keamanan Pangan
25 July 2023 12:25

Berita Umum    Post By : System Administrator

Dalam rangka meningkatkan kepedulian dan pengetahuan pedagang pasar akan pentingnya keamanan pangan di pasar tradisional, BPOM di Ambon gelar penyuluhan bagi pedagang di Pasar Kairatu, yang terletak di Kecamatan Kairatu, Kab. Seram Bagian Barat, Rabu (19/07/2023).

Pasar Kairatu merupakan pasar intervensi BPOM di Ambon dalam program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK)  tahun 2023 dan kegiatan penyuluhan pedagang pasar ini menjadi tahap lanjutan setelah dilaksanakannya Bimtek Petugas Pengelola Pasar bulan Maret lalu. Kegiatan penyuluhan ini merupakan salah satu upaya nyata dari BPOM di Ambon untuk memastikan keamanan pangan di Pasar Kairatu. Petugas BPOM di Ambon berikan penyuluhan secara langsung kepada Pedagang Pasar Kairatu tentang pengenalan bahan kimia berbahaya yang sering disalahgunakan dan ditambahkan pada pangan seperti formalin, boraks, pewarna tekstil  merah rhodamin b dan kuning methanyl yellow. Bahan kimia tersebut dilarang ditambahkan pada pangan karena dapat membahayakan kesehatan dan bersifat karsinogenik (penyebab kanker).

Kehadiran petugas BPOM di Ambon mendapat sambutan positif dari para pedagang Pasar Kairatu karena dengan adanya penyuluhan ini menambah wawasan dan pengetahuan akan  serta pentingnya menerapkan aspek higiene sanitasi. Apalagi para pedagang khususnya yang menjual produk pangan olahan terkemas juga diedukasi untuk selalu menerapkan Cek KLIK (Kemasan, Label, Ijin edar dan Kedaluarsa), salah satunya dengan rutin memeriksa tanggal kedaluarsa produk.  Selain melakukan penyuluhan, Petugas BPOM di Ambon membagikan souvenir seperti kaos, pouch, penjepit makanan dan celemek kepada para pedagang.

Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan para pedagang dapat menerapkan prinsip keamanan pangan dalam praktek jual beli sehari-hari sehingga konsumen dapat memperoleh pangan yang sehat dan terjamin keamanannya. (HLN)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments