21-May-2024

11

20

00

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Badan POM Sosialisasi Buang Sampah Obat yang Benar
21 June 2023 13:40

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (21/06) – Badan POM RI melaksanakan kegiatan Sosialisasi “Ayo Buang Sampah Obat” demi mencegah penyalahgunaan obat yang sudah kadaluarsa ataupun sudah rusak. Kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah pada Sabtu (17/06/2023) bertempat di Gedung Serbaguna Zeba’ot. Kegiatan yang melibatkan pemerintah dan masyarakat setempat ini, dibuka oleh Bupati Maluku Tengah yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Maluku Tengah, Zahlul Ikhsan, dan turut hadir juga Kepala Badan POM Dr. Penny K. Lukito, MCP serta didampingi Sekretaris Utama Badan POM, Rita Mahyona M.Si, Apt dan Kepala Balai POM di Ambon Hermanto, S.Si, Apt, MPPM beserta rombongan.

Kepala Badan POM menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat untuk dapat membuang sampah obat dengan benar dan mengingatkan masyarakat jika sampah obat dibuang dengan cara yang tidak benar dapat merusak lingkungan. Bahkan untuk obat-obat tertentu dapat membahayakan kesehatan dan juga dapat berpotensi disalahgunakan atau dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk membuat atau memasarkan obat ilegal atau palsu.

Kepala Badan POM juga mengajak semua masyarakat agar lebih teliti lagi dalam membuang sampah obat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat lebih memahami membuang sampah obat itu sangat penting. Masyarakat yang memiliki obat kedaluwarsa atau rusak dapat melakukan pemusnahan mandiri dengan cara yang  benar atau dapat menyimpan obat tersebut dan mengembalikan ke apotek sesuai jadwal pengembalian obat untuk dapat dimusnahkan. Informasi ini juga dapat disebarluaskan ke keluarga maupun lingkungan sekitar kita. (VFIM)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini. Follow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

 

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments