22-Feb-2024

15

25

31

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Peringati Pekan Antimicrobial Resistance, BPOM Ambon Sosialisasikan AMR Kepada Civitas Akademika Stikes Maluku Husada di Pulau Seram
27 November 2023 14:54

   Post By : System Administrator

Ambon (20/11) – Dalam rangka peringati pekan antimicrobial resistance (AMR), BPOM Ambon melaksanakan sosialisasi terkait bahaya AMR dan strategi ABC 4T untuk menghadapinya, bertempat di Kampus Stikes Maluku Husada Kab Seram Bagian Barat (SBB), Kamis (09/11).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPOM Ambon, Tamran Ismail. Hadir juga Ketua Stikes Maluku Husada, Sahrir Sillehu. Kegiatan ini dihadiri oleh 100 orang civitas akademika Kampus Stikes Maluku Husada, yang terdiri dari wakil ketua, ketua prodi, ketua unit, ketua lembaga, tenaga pendidik serta mahasiswa. Kagiatan ini menghadirkan narasumber dari BPOM yaitu Imam Taufik, Siska Yanti, serta narasumber Dinas Kesehatan Kab SBB, Joni Kaifuan.

Ketua Stikes Maluku Husada dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada BPOM Ambon yang telah menyempatkan hadir untuk sharing pengetahuan bagi kampus yang berada di Pulau Seram ini. Sahrir juga menyampaikan harapannya agar kampus ini dapat bekerjasama dengan BPOM dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat.

Kepala BPOM Ambon dalam sambutannya menyatakan, bahwa Kampus Stikes Maluku Husada berupa perguruan tinggi yang pertama yang beliau sambangi sejak menjabat sebagai Kepala BPOM Ambon sejak awal Oktober 2023. Beliau juga membuka diri untuk bekerja sama dengan fihak kampus dalam hal penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), peluang program BPOM Goes to Campus (BGC), program Pangan Aman Goes to Campus (PAGC). Program PAGC menawarkan peluang profesi fasilitator keamanan pangan yang bersertifikat profesi SKKNI. Selain itu juga terdapat peluang magang di berbagai laboratorium BPOM Ambon yang meliputi laboratorium obat, obat tradisional, kosmetika, pangan, mikrobiologi dan biologi molekuler. Mahasiswa dapat belajar melakukan pengujian sampel dengan berbagai instrument canggih seperti GC-MS, RT-PCR, HPLC dan AAS.

Pada pemaparan materi, Imam Taufik menyampaikan bahaya AMR dan strateginya yaitu ABC 4T meliputi Apa itu AMR, Bahaya AMR, Cara Mikroba menjadi Resisten dan 4T: Tidak membeli antimikroba tanpa resep dokter;  Teruskan pengobatan walaupun sudah membaik; Tidak membuang antimikroba yang rusak secara sembarangan; serta Tegur dan laporkan jika mengetahui sarana yang menjual antimikroba tanpa resep dokter.

Selain AMR, dipaparkan juga materi terkait kosmetika aman dan stunting. Untuk materi mengenal kosmetika aman dan bahaya kosmetika mengandung bahan berbahaya, disampaikan oleh Siska Yanti. Siska memaparkan bahan berbahaya yang sering ditambahkan pada kosmetika pemutih yaitu merkuri, hidrokuinon dan asam retinoat. Pastikan aman membeli kosmetika dengan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, Kadaluwarsa), BPOM Mobile dan mengoles tipis kosmetika pada lengan atas bagian dalam untuk mengetahui apakah konsumen alergi atau tidak terhadap kandungan kosmetika.

Materi terkait stunting juga tidak lupa disampaikan. Kali ini oleh Dinas Kesehatan Kab SBB yaitu Joni Kaifuan. Joni menyampaikan pentingnya remaja dan mahasiswa sebagai calon ibu untuk menjaga kesehatan dari sekarang dan tidak diet berlebihan sehingga dapat berisiko melahirkan bayi stunting.

Kepala BPOM Ambon dan Ketua Stikes Maluku Husada berharap, kuliah tamu ini dapat dilanjutkan dengan Perjanjian Kerjasama antara BPOM dan Kampus Stikes untuk pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dan program pemberdayaan masyarakat BPOM.

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini. Follow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

 

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments