22-Feb-2024

15

35

39

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Sertifikasi Sekolah dengan PJAS Aman di Kabupaten Buru Selatan
01 November 2022 05:37

Berita Umum    Post By : System Administrator

Sertifikasi Sekolah dengan PJAS Aman merupakan proses pemberian sertifikat penghargaan kepada sekolah yang memiliki komitmen baik untuk mengimplementasikan program keamanan pangan melalui rencana aksi program keamanan PJAS dan memberdayakan Kader Keamanan Pangan Sekolah. Sebelum menerima sertifikat, setiap sekolah yang telah diintervensi dari tahap awal, wajib mengikuti tahap Evaluasi Mandiri dan Verifikasi oleh BPOM Ambon. Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk mendorong pihak sekolah memenuhi persyaratan keamanan pangan setelah sebelumnya sekolah melakukan evaluasi mandiri (self assessment) pemenuhan kriteria Sekolah dengan PJAS Aman.

Tahap verifikasi oleh petugas BPOM Ambon dilaksanakan pada hari kamis, 20 Oktober 2022 di 9 sekolah di Kabupaten Buru Selatan, Pada tahap ini dilakukan verifikasi sesuai dengan hasil penilaian mandiri kader terkait penerapan keamanan pangan di lingkungan sekolah yakni kantin sekolah, pemahaman siswa dan kader terhadap keamanan pangan, dan juga dilakukan sampling terhadap pangan jajanan yang dijual di dalam maupun di luar lingkungan sekolah

Sampling dilakukan terhadap pangan yang berpotensi ditambahkan bahan berbahaya pada pangan seperti boraks, formalin, Rhodamin , Methanyl yellow. Dari hasil uji cepat dengan menggunakan rapid test kit, diperoleh hasil bahwa semua sampel negative mengandung bahan berbahaya.

Setelah tahap ini, data hasil sertifikasi akan diolah dan yang berhak memperoleh Sertifikat sekolah dengan PJAS Aman yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Diharapkan agar semangat dan komitmen dari setiap sekolah dalam menerapkan perilaku keamanan pangan akan terus berjalan di tahun tahun berikutnya. (SY)

 



Share This

Comments