21-May-2024

12

18

50

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

STIKES MALUKU HUSADA GANDENG BPOM AMBON SOSIALISASIKAN ANTIMICROBIAL RESISTACE
11 October 2022 08:27

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (10/10) – Stikes Maluku Husada Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) gandeng BPOM Ambon gelar KIE sosialisasikan Antimicrobial Resistance (AMR), Kosmetika aman dan Jamu aman, bertempat di Auditorium  Stikes Maluku Husada Kairatu, Jumat (06/10).

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Stikes Maluku Husada, Dr Sahrir Silehu, diikuti oleh civitas akademika kampus, meliputi Ketua-ketua Prodi, ketua lembaga, dosen dan mahasiswa. Dalam sambutannya, Dr Sahrir menyatakan apresiasinya kepada BPOM dalam sosialiasi dan tindak lanjut program BPOM goes to campus. Kegiatan ini juga merupakan bentuk sosialisasi oleh Duta Kosmetika Aman dari Kampus Stikes Maluku Husada.

Sementara itu, sambutan dari BPOM yang diwakili oleh Imam Taufik, M. Farm, Apt menyampaikan apresiasinya kepada Duta Kosmetika Stikes Maluku Husada yang telah mensosialisasikan kosmetika aman di 2 kampus Stikes Maluku Husada yaitu di Ambon dan di Kairatu Kab SBB. Kegiatan ini juga digandeng dengan sosialisasi AMR yang merupakan salah satu isu yang sedang dihadapi dunia dan negara G-20 saat ini. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat serta residu pestisida pada pangan dan lingkungan dapat menyebabkan resistensi mikroba. Hal ini tentunya menjadi masalah besar yang dapat mengakibatkan meningkatnya angka kematian akibat infeksi, tingginya biaya pengobatan serta upaya yang besar dalam mencari antimikroba yang baru.

Acara sosialisasi diikuti oelh 198 peserta yang meliputi dosen dan mahasiswa. Materi pertama disampaikan oleh duta kosmetika aman dari Stikes Maluku Husada yaitu Rifaldi Maulana. Materi kedua disampaikan oleh Anita Soenarko S.Si Apt bertajuk Bahaya OT BKO. Serta materi yang terakhir disampaikan oleh Imam Taufik S.Farm Apt M.Farm terkait Antimicrobial Resistance.

Kepala BPOM Ambon, Hermanto S.Si Apt MPPM dalam kesempatan terpisah menyampaikan harapan bahwa mahasiswa dapat berperan aktif dalam KKN dan pengabdian masyarakat mensosialisasikan obat dan makanan aman termasuk bahaya kosmetika mengandung bahan berbahaya, OT mengandung BKO dan Antimicrobial Resistance. Ketua Stikes Maluku Husada juga berharap kerjasama antara kedua institusi dapat lebih ditingkatkan melalui perjanjian kerjasama (IT).

 

“BPOM Ambon, Katong Pasti Bisa”

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM Ambon



Share This

Comments