21-May-2024

12

02

27

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Terus Berdayakan Masyarakat Desa, BPOM Ambon Kembali Bentuk Kader Keamanan Pangan Desa
12 July 2023 10:25

Berita Umum    Post By : System Administrator

Kairatu – Sebagai bentuk komitmen untuk terus melakukan pemberdayaan masyarakat dalam pengawasan keamanan obat dan makanan, BPOM Ambon terus melakukan kegiatan yang menyasar keamanan pangan di setiap lini masyarakat. Program Prioritas Nasional ( Propenas ) tahun 2023 yang salah satunya berbasis masyarakat desa, yakni Gerakan Keamanan Pangan Desa ( GKPD ) memasuki tahap Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan Desa. Lokus intervensi pertama yakni di Desa Kairatu dan Desa Uraur. Pada hari Selasa ( 11/07/2023 ), bertempat di Kairatu Beach, kegiatan ini dilaksanakan dengan menggabungkan langsung kader dari 2 desa tersebut.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Seram Bagian Barat, Renhold Lisapaly, yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BPOM Ambon yang sudah menginisisasi kegiatan yang baik ini. Kepala Dinas PMD Kabupaten SBB ini mengharapkan agar para peserta bimtek yang terdiri dari 15 orang kader dari Desa Kairatu dan 15 orang kader dari Desa Uraur, mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan menjadi pelopor keamanan pangan di desa masing-masing. Setiap desa dhadiri oleh 15 orang kader keamanan pangan desa dan 4 orang tim keamanan pangan desa.

Bimtek ini diawali dengan pre test untuk peserta dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Tim Informasi dan Komunikasi BPOM Ambon. Materi yang terdiri dari Juknis GKPD, Keamanan Pangan yang dibawakan oleh Ima Taufik, 5 Kunci Keamanan Pangan yang dibawakan oleh Siska Yanti, serta materi Keracunan Pangan oleh Hellena Arvinda. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan demo cara penggunaan rapid test kit. Perlu diketahui, bahwa tiap desa mendapatkan alat rapid tes kit untuk digunakan dalam intensifikasi pengawasan pangan desa oleh kader yang telah dilatih ini. Sebelum dilakukan penutupan, seperti biasa dilakukan evaluasi terhadap peserta yang hadir melalui post tes.

Gerakan Keamanan Pangan Desa diharapkan terus menjadi kegiatan yang melahirkan banyak kader keamanan pangan desa yang secara mandiri dikelola oleh pemerintah desa. Hal ini merupakan tujuan utama Program Prioritas Nasional, di mana masyarakat kemudian secara sadar dan mandiri melakukan penjaminan keamanan pangan di lingkungan di mana mereka berada. Para kader ini kemudian akan menjadi perpanjangan tangan BPOM Ambon dalam melakukan pengawasan obat dan makanan di daerahnya masing-masing. ( SY )

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments