21-May-2024

10

12

30

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Tingkatkan Kompetensi Personil, BPOM di Ambon Laksanakan Pelatihan Internal Verifikasi Metode Analisa Mikrobiologi
25 September 2023 13:30

Berita Umum    Post By : System Administrator


Ambon- Laboratorium pengujian BPOM di Ambon bertugas memastikan bahwa obat dan makanan yang beredar konsisten memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan. Guna memperkuat pengawasan di lini pengujian obat dan makanan harus diimbangi dengan SDM yang kompeten. Oleh karenanya, BPOM di Ambon rutin menggelar pelatihan internal yang dilaksanakan setiap tahun baik di laboratorium pengujian kimia maupun mikrobiologi.

 

Kali ini, BPOM di Ambon menyelenggarakan pelatihan internal mengangkat tema "Verifikasi Metode Analisis Mikrobiologi Pangan sesuai ISO 16140-3: 2021 dan Verifikasi Metode Uji Angka Enterobacteriaceae pada Obat Tradisional" yang diperuntukkan bagi personil laboratorium mikrobiologi pada 4-8 September 2023. Selain meningkatkan kompetensi personil uji, pelatihan ini juga bertujuan untuk mengupdate keilmuan dan acuan yang terbaru sehingga hasil pengujian yang dilakukan valid dan dapat dipercaya.

 

Pelatihan yang dikhususkan untuk 12 perserta dari Laboratorium Mikrobiologi ini menghadirkan Narasumber dari P3OMN Badan POM, Henny Setiawati dan dibuka langsung pada hari Senin (04/09/2023) oleh Plt. Kepala BPOM di Ambon, Leindhard SD Simatauw di Aula Patimura didampingi oleh Tim Kerja Kelompok Pengujian, Indah Nurdiana.

 

Verifikasi metode merupakan aspek yang harus dikuasai oleh personil laboratorium yang telah terakreditasi ISO 17025, oleh karenanya Leindhard mengharap para peserta bisa maksimal menyerap materi yang disampaikan oleh Narasumber baik teori maupun praktik di laboratorium. Paparan kedua materi disampaikan oleh narasumber san dilanjutkan dengan dengan preparasi media dan alat untuk praktik verifikasi MA Angka Enterobacteriaceae di laboratorium menggunakan metode semi kuantitatif pada sampel obat tradisional sediaan serbuk dan kapsul.

 

Hari kelima (Jumat, 08/09/2023) dilakukan presentasi hasil oleh perwakilan kelompok peserta dan diperoleh hasil verifikasi yang telah dilaksanakan sudah memenuhi persyaratan yang ada dengan nilai sensitifitas mencapai 100%. Setelah dilakukan pelatihan ini, diharapkan laboratorium mikrobiologi BPOM di Ambon dapat menerapkan metode verifikasi ini terhadap obat tradisional dengan bahan sediaan lain dan mampu menerapakan ISO 16140 pada verifikasi metode analisa mikrobiologi pangan yang akan digunakan. HLN

 

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments