21-May-2024

09

56

26

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Wawancara bersama Metro Maluku Tentang Bahaya Chikibul/Snack/Dragon Breath/Smoke bagi masyarakat khususnya anak-anak
18 January 2023 09:49

Berita Umum    Post By : System Administrator

 

Bapak Hermanto, S.Si.,Apt,. MPPM selaku Kepala Balai POM di Ambon. dalam Wawancara bersama wartawan Metro Maluku ,menyampaikan informasi tentang bahaya snack Chikibul/Snack/Dragon Breath, yang Menggunakan Nitrogen Cair/Liquid Nitrogen (LN2),yang viral karena kasus yang terjadi, khususnya pada anak-anak,  karena tampilan yang menarik serta mengeluarkan sensasi asap (smoke) sehingga membuat masyarakat tertarik untuk mencoba karna merasa tertantang khususnya anak-anak.

jajanan yang mamakai nitrogen ini mempunyai tampilan yang sangat menraik, tetapi ada bahaya yang mengancam di dalamnya, yaitu jika terhirup gas Nitrogen (LN2) dengan jumlah banyak dapat menyebabkan pusing, mual, muntah, kehilangan kesadaran, bahkan sampai kematian. Di United states, telah terjadi beberapa kejadian Nitrogen cair tertelan atau terkena kulit secara tidak sengaja dan menyebabkan luka/cedera yang cukup serius .

Nitrogen cair (LN2) digunakan sebagai bahan penolong golongan bahan pembeku (Freezing agent) pada penyiapan dan pengawetan dengan pembekuan secara cepat. Efek asap (smoke) digunakan pada penyajian pangan dan minuman untuk mempercantik visual pangan dan menarik konsumen. Nitrogen cair juga tidak dapat dikonsumsi langsung atau kontak langsung dengan kulit.

 

Dengan adanya kejadian serta korban  di beberapa daerah di Indonesia khususnya pada anak-anak, Balai POM di Ambon Melakukan sosialisasi bahaya pangan yang mengandung Nitrogen Cair (LN2) , yang berlangsung pada kamis 12 Januari 2023, dengan mengundang beberapa intansi terkait yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Dinas Pendidikan se Provinsi Maluku, Dinas Perindak se provinsi Maluku, Kemenag provinsi Maluku, dan Kepsek serta guru se Provinsi Maluku.

Dengan adanya sosialisasi Ini diharapkan agar Ambon Bebas dari bahaya pangan nitrogen cair khusunya bagi anak-anak. (MYS)



Share This

Comments