26-Apr-2024

08

12

21

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Monev Terpadu Program Nasional Di Kabupaten Buru Provinsi Maluku
07 December 2022 07:12

Berita Umum    Post By : System Administrator

Badan POM RI memiliki 3 ( tiga) program nasional , yaitu Program Pangan Jajanan Anak Sekolah,  bertujuan meningkatkan Pangan Jajanan Anak Sekolah yang aman, bermutu dan bergizi melalui partisipasi aktif dan terpadu dari semua unsur baik Pemerintah maupun masyarakat. Program yang ke dua adalah   Program Gerakan Keamanan Pangan Desa dengan locus stunting , bertujuan untuk melindungi masyarakat desa yang diintervensi , dari pangan yang tidak memenuhi syarat kesehatan. Program yang ketiga yaitu Program  Pasar Aman dari Bahan Berbahaya bertujuan untuk memberdayakan pedagang pasar dan komunitas pasar agar terciptanya pasar yang sehat, bebas dari bahan berbahaya yang mencemari pangan.Ketiga program nasional ini selaras dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS) yaitu konsumsi pangan sehat dan diharapkan dapat bersinergi dengan program pemberdayaan dari kementerian maupun dinas terkait dengan keamanan pangan dan penanganan stunting.

Sebagai tahapan terakhir dari Program Nasional telah dilakukan Monev di Kabupaten Buru  pada hari Kamis tanggal 17 November 2022, bertempat di Hotel Kainawa, yang di hadiri oleh 29 peserta terdiri dari pihak sekolah, desa dan pasar. Monev terpadu di buka Drs. Mansur Mamulaty sebagai  Staf Ahli Sumber Daya Manusia, mewakili Bupati Kabupaten Buru. Dalam acara Monev ini dilaksanakan juga Penandatanganan Rencana Aksi Tindak Lanjut Program Gerakan Keamanan Pangan Desa oleh Kepala Desa dan penyerahan Sertifikat Sekolah dengan PJAS Aman tingkat Nasional kepada 11 Kepala Sekolah dari SD, SMP dan SMA di Kabupaten Buru.

Materi materi yang di berikan saat dilakukannya acara MONEV dibawakan oleh Kepala Balai POM di Ambon Hermanto, SSi, Apt, MPPM dengan judul : MONEV Hasil Program Nasional Intervensi Keamanan PJAS, GKPD dan PABB Provinsi Maluku , juga dari BAPEDA dan Dinas Kesehatan Kabupaten Buru tentang Monev Hasil Program Penanganan Stunting di Kabupaten Buru

Kita terus mengawal Program Nasional yang menyasar kepada keamanan pangan ( food safety) sehingga makanan yang dikonsumsi bebas dari cemaran kimia dan mikrobiologi yang dapat mengganggu kesehatan.

 



Share This

Comments