27-Apr-2024

16

36

28

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Sosialisasi Keamanan Pangan Takjil jelang Ramadan 1445 Hijria Di desa Nania
13 March 2024 12:15

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon – (06/03/2024) Satu minggu menjelang Ramadan, Balai POM ambon melakukan  Konfirmasi Informasi dan Edukasi (KIE) mengenai keamanan pangan takjil kepada pedagang takjil. Balai POM di ambon memiliki wilayah kerja 9 kabupaten / kota dan desa Nania merupakan salah satu titik yang menjadi pusat kerja Balai POM ambon dalam pemantauan kemaman pangan takjil menjelang Ramadan.

Kegiatan KIE ini dibuka oleh Ibu Sekertaris desa (Sekdes) Nania, S.Nanlohy dalam sambutanya ibu sekdes menyampaikan pentingnya menjaga keamanan dan kebersihan dalam membuat pangan takjil agar siapapun yang mengonsumsi makanan yang kita buat tidak sakit, dan tetap menjaga sesuatu yang diinginkan himbau ibu Sekdes Nania.

Materi keamanan pangan ini dibawakan oleh Siska Yanti selaku pemateri Balai Pom Ambon, materi yang di bawakan adalah tips keamanan pangan untuk pelaku usaha yang didalamya mulai dari pembelian bahan baku, penyimpanan bahan baku, kaidah pengolahan pangan, kondisi penangan contohnya seperti menjaga kebersihan, kondisi penjual yang tetap harus memperhatikan kebersihan baju yang dipakai hingga tata cara penyerahan makanan atau takjil pada konsumen. serta cara fasilitasi pembersihan dan sanitasi.

Taklupa pula pemateri memberikan cara dalam memilih produk yang akan dipilih sebagai bahan makanan yakni dengan menerapkan cara CEKLIK ( Cek kemasan, Lebel, Izin Edar, dan Kadaluarsa.

Balai POM di Ambon berharap, semoga setelah di edukasi terkait Keamanan Pangan takjil, masyarakat semakin memahami cara mengelola pangan dengan baik selama berjualan takjil di desa Nania. (MKC)

 

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb/Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

 

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments